Wednesday, May 08, 2024

P i a n i k a

 


Kemarin, Selasa 7 Mei 2024, seorang rekan kerja datang ke rumah pagi hari, belum ada jam 09.00. Aku heran, tidak ada hujan tidak ada angin, ngapain dia datang ke rumah? kalau masalah pekerjaan kan kami bisa ngobrol di kantor. tapi mengapa dia perlu bela-belain datang ke rumah yak?

Ternyata o ternyata, dia mengembalikan pianika yang entah kapan dia pinjam, aku sendiri sudah lupa. Mungkin bahkan sejak Angie masih duduk di bangku SMA, karena seingatku, Angie sudah tidak membutuhkan itu di sekolah. Ini berarti sebelum tahun 2009. (Angie lulus SMA tahun 2009). 

Saat dia bilang mau 'pinjam' pianika itu, dia malah 'nembung' mau dia beli saja itu pianikanya. Aku -- yang tidak memiliki sense of business, lol -- malah merasa tidak enak hati, mosok mau dia beli? Dia bersikeras ingin membelinya, aku bersikeras untuk meminjamkannya saja, meski dia bilang dia akan pinjam dalam waktu lama. Bertahun-tahun. Aku bilang tidak apa-apa. Pakai saja selama anak-anaknya butuh.

Sekitar enam tahun yang lalu, saat Rani keponakan duduk di bangku kelas 2 SD, dia bilang dia butuh alat musik, untuk dimainkan di sekolah. Aku maju mundur mau meminta pianika yang dipinjam itu. Sudah terlalu lama, aku jadi tidak enak hati. 'Untung'lah aku sedang punya rezeki, maka aku belikan satu pianika untuk Rani. Semenjak itu, blas, aku tidak lagi ingat pianika milik Angie yang dipinjam.

Kemarin waktu rekan kerja itu mengembalikan, aku mau bilang, "Kamu simpan saja, tidak apa-apa." Tapi, aku kok ya ga enak hati. (hahaha, kok aku serba ga enak hati yak? wkwkwkwk) Dia sudah menyempatkan membawa pianika itu ke rumah, membelikanku chiffon cake sebagai ucapan terima kasih, mosok aku tolak? Dan aku pikir, tentunya anak keduanya pun sudah lulus SMA, jadi sudah tidak membutuhkannya lagi.

Semalam, waktu Angie melihat pianika itu di atas tempat tidur, dia nampak heran, dan berseru, "Loh Ma, kok ada harmonika?" wkwkwkwkwk ... dia sampai salah sebut. 

Kujawab, "Ini pianikanya Angie! yang dulu dipinjam om A."

Well, kisah mengharukan ini -- lol -- kuabadikan di sini saja, in case next time aku ingin mengingat-ingat lagi, kapan pianika ini dikembalikan. Saat pianika dipinjam lebih dari 15 tahun yang lalu, aku tidak menulisnya di sini.

PT56 11.30 08/05/2024

No comments: