Monday, July 30, 2007

Mandi Pagi

Jam berapakah kamu beranjak mandi pada hari Minggu, atau hari-hari libur yang lain?
Hasil didikan strict kedua orang tuaku dalam menghargai waktu, pada hari Minggu maupun hari-hari libur lain, aku tetap saja mandi di pagi hari, paling lambat pukul 9. (During my younger years, paling lambat jam 8!) Namun, menilik diary yang kutulis di tahun 2005 saat aku berkutat dengan tesis (hasil dari mempersiapkan content blog di http://jogjaklangenanku.blogspot.com) kadang-kadang aku pun mandi di atas jam 10, karena keasikan menulis. Dan aku tahu, untuk itu aku cukup merasa tidak nyaman pada diri sendiri. I felt like I did a very big mistake, yang bakal akan mengguncangkan ketentraman dunia. LOL.
Harus kuakui hasil didikan ortuku “harus bangun pagi”, “harus mandi pagi di pagi hari”, “harus mandi dulu sebelum sarapan” cukup berhasil dalam diriku, karena aku selalu merasa uncomfortable when disobeying it. bahkan sampai usiaku saat ini.
But, aku tidaklah se-strict itu kepada Angie. Aku tahu bahwa tidak bangun pagi, tidak mandi pagi di pagi hari, tidak mandi dulu sebelum sarapan di hari libur tidak akan menyebabkan perang kurusetra terjadi lagi di jagad pewayangan. LOL. Masalahnya adalah, aku tidak menemukan alasan yang masuk akal untuk “memaksa” Angie melakukan ketiga hal tersebut. Dari pengalaman hidup ngekos waktu kuliah S2 dulu membuatku sadar bahwa tidak bakal terjadi apa-apa jika kita tidak melakukan ketiga hal tersebut. Teman-teman kosku semua nampak baik-baik saja meskipun mereka bisa dikategorikan melakukan pelanggaran berat. Well, menurut peraturan ortuku tentu saja. Bahkan aku ingat aku ditertawakan seorang teman tatkala aku bilang, “Eh, kata ortuku kita harus bangun pagi agar kita tidak kehilangan rejeki.” Dia bilang, “Bangun pagi-pagi di kos, siapa yang bakal kasih kita rejeki Na?” LOL.
Nah, berhubung aku tidak strict seperti itu, Angie pun seenak udelnya saat hari libur datang. Lagipula setiap hari dia sudah terbiasa mandi pagi untuk mempersiapkan diri berangkat sekolah. So, tatkala hari Minggu datang, ya gapapalah kalau dia agak nyante, mandi agak siangan, atau siang banget. LOL.
Hal yang nampaknya “sepele” ini ternyata bisa menyulutkan ketegangan between Angie and her strict granny. Semula my mom bilang ke aku, “Angie tuh disuruh mandi di pagi hari meskipun hari libur, toh ga rugi.” Aku hanya berkomentar, “Ok, I will tell her.”
Setelah dilihat it didn’t work, my mom langsung ngomel ke Angie, dan tidak lewat aku. LOL. Hal inilah yang sering membuat Angie sewot.
Beberapa hari yang lalu, my mom sempet bercerita tentang hal ini kepada seorang temannya, “Angie tuh kalau hari Minggu, dia baru beranjak mandi setelah pukul 11.”
Guess what my mom’s friend said? “Lah, malah Putty tidak mandi kalau hari Minggu.” LOL.
Tadi siang, sewaktu Angie pamitan ke her granny untuk berangkat nonton Harry Potter dengan Tantenya (sekitar pukul 12.10), her granny asked her, “Sudah mandi belum?” LOL. Angie pun dengan sewot mengadu kepadaku. LOL.
How about your experience?
PT56 21.35 290707

No comments: